Al Haq
11th January 2016

Al Haq

Al Haq artinya yang memiliki kebenaran dan membimbing kepada kebenaran. Firman-Nya adalah benar, perbuatan-Nya adalah benar, pertemuan dengan-Nya adalah benar, para rasul-Nya adalah benar, kitab-kitab-Nya adalah benar, agama-Nya adalah benar dan beribadah kepada-Nya saja adalah kebenaran dan semua yang datang dari sisi-Nya adalah benar. Nama-Nya Al Haqq tercantum dalam surat An Nuur: 25:

يومئذ يوفيهم الله دينهم الحق ويعلمون ان الله هو الحق المبين

"Di hari itu, Allah akan memberi mereka balasan yag setimpal menurut semestinya, dan tahulah mereka bahwa Allah-lah yang benar, lagi yang menjelaskan (segala sesutatu menurut hakikat yang sebenarnya)." (An Nuur: 25)

قل هل من شركائكم من يهدي الى الحق قل الله يهدي للحق افمن يهدي الى الحق احق ان يتبع امن لا يهدي الا ان يهدى فما لكم كيف تحكمون

Katakanlah, "Apakah di antara sekutu-sekutumu ada yang menunjuki kepada kebenaran?" Katakanlah "Allah-lah yang menunjuki kepada kebenaran.” Maka apakah orang-orang yang menunjuki kepada kebenaran itu lebih berhak diikuti ataukah orang yang tidak dapat memberi petunjuk kecuali (jika) diberi petunjuk? mengapa kamu (berbuat demikian)? Bagaimanakah kamu mengambil keputusan?(Yunus: 35)

Di antara pesan yang dapat diambil dari nama-Nya Al Haqq adalah hendaknya sesesorang mengetahui bahwa kebenaran itu berasal dari Allah, maka ikutilah kebenaran itu. Mengenal nama-Nya Al Haqq juga membantu kita untuk memperkuat iman, seperti yakin terhadap janji dan ancaman Allah, sehingga kita dapat menambah amal shalih.


Marwan bin Musa