Al Baasith
11th January 2016

Al Baasith

Al Baasith artinya Allah Maha Melapangkan rizki. Al Baasith juga berarti bahwa Allah yang membangkitkan manusia. Al Baasith juga berarti, bahwa Allah yang melapangkan hati manusia untuk menerima hidayah dan beriman kepada-Nya. Tentang nama-nya Al Baasith ini disebutkan dalam hadits sbb:

إِنَّ اللَّهَ هُوَ الْخَالِقُ الْقَابِضُ الْبَاسِطُ الرَّازِقُ الْمُسَعِّرُ وَإِنِّي لَأَرْجُو أَنْ أَلْقَى اللَّهَ وَلَا يَطْلُبُنِي أَحَدٌ بِمَظْلَمَةٍ ظَلَمْتُهَا إِيَّاهُ فِي دَمٍ وَلَا مَالٍ

"Sesungguhnya Allah Ta'ala, Dia-lah Yang Maha Pencipta, yang menyempitkan dan melapangkan rezeki dan Pemberi rezeki serta yang menetapkan harga. Sesungguhnya saya tidak ingin menghadap Allah dalam keadaan ada seorang yang menuntut kezaliman karena tindakanku terhadapnya baik dalam masalah darah maupun harta." (HR. Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Hibban dan Baihaqi, dan dishahihkan oleh Al Albani dalam Shahihul Jaami' no. 1846)

Dengan mengenal nama-Nya Al Qaabidh dan Al Baasith, kita akan menyadari bahwa sempitnya rezeki yang kita terima dan lapangnya adalah berasal dari Allah Ta'ala sebagai ujian dan cobaan. Jika kita dilapangkan rezeki hendaknya bersyukur dan jika disempitkan rizki, hendaknya bersabar. Demikian juga hendaknya seseorang bergantung kepada Allah Yang Maha kuasa melapangkan dan menyempitkan rezeki dengan meminta hanya kepada-Nya, karena hanya Dia yang mampu melapangkan rizki.


Marwan bin Musa