74. Al Muqit
11th January 2016

Al Muqit

Al Muqit artinya Allah pencipta makanan, baik makanan bagi badan berupa makanan dan minuman, maupun makanan bagi hati berupa tauhid, iman dan ma'rifatullah (mengenal Allah), Dia juga yang menjamin kebutuhan hamba-hamba-Nya. Dia yang menyampaikan kepada semua makhluk makanannya, Dia juga yang mengirimkan rezeki kepada mereka dan mengarahkannya sesuai yang Dia kehendaki dengan hikmah-Nya. Al Muqiit juga bisa berarti yang menguasai segala sesuatu. Nama-Nya Al Muqiit tercantum di dalam Al Qur'an surat An Nisaa: 85 berikut:

مَّن يَشْفَعْ شَفَاعَةً حَسَنَةً يَكُن لَّهُ نَصِيبٌ مِّنْهَا وَمَن يَشْفَعْ شَفَاعَةً سَيِّئَةً يَكُن لَّهُ كِفْلٌ مِّنْهَا وَكَانَ اللّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ مُّقِيتًا

Barang siapa yang memberikan syafaat yang baik, niscaya ia akan memperoleh bagian daripadanya. Dan barang siapa memberi syafaat yang buruk, niscaya ia akan memikul bagian daripadanya. Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.” (An Nisaa': 85)

Dengan mengenal nama-Nya Al Muqiit membuat seseorang hanya bergantung kepada Allah dalam memenuhi kebutuhan dunia dan akhiratnya. Demikian juga menjadikan seseorang memperhatikan orang yang ditanggungnya, yaitu anak dan istrinya dengan menafkahinya.


Marwan bin Musa