75. Al WAkil
11th January 2016

Al Wakil

Al Wakil artinya Allah yang diserahkan kepada-Nya segala urusan. Dialah yang mengurus makhluk-Nya dengan ilmu-Nya, dengan kekuasaan-Nya yang sempurna dan hikmah-Nya yang dalam. Dia yang melindungi hamba-hamba-Nya, Dia memudahkan mereka untuk menempuh jalan yang baik dan menjauhkan mereka dari jalan yang buruk, siapa saja yang menyerahkan urusan kepada Allah, niscaya Dia akan mencukupi-Nya. Allah Ta'ala berfirman:

ومن يتوكل على الله فهو حسبه

"Dan barang siapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya." (Ath Thalaaq: 3)

وَتَوَكَّلْ عَلَى اللّهِ وَكَفَى بِاللّهِ وَكِيلاً

Dan bertawakallah kepada Allah. Cukuplah Allah menjadi Pelindung.” (An Nisaa': 81)

Al Wakil juga berarti bahwa Allah Subhaanahu wa Ta'ala yang pertama kali menciptakan kita dalam bentuk yang indah, lalu mencukupkannya dan mengurusnya.

Dengan mengenal nama-Nya Al Wakil membuat kita hanya bertawakkal kepada Allah dalam setiap masalah yang kita hadapi. Tentunya, dalam bertawakkal kepada Allah, kita melakukakan hal-hal berikut:

  1. Memiliki keyakinan kuat bahwa Allah Subhaanahu wa Ta'ala Maha Kuasa dan Mampu menyelesaikan urusan yang diserahkan kepada-Nya.
  2. Menjalankan berbagai sebab yang ada
  3. Menyerahkan urusan -setelah menjalani sebab- kepada Allah Ta'ala

Memiliki rasa yakin dan ridha dengan apa yang datang dari Allah dan menerimanya, bahwa yang demikian merupakan kebaikan baginya.


Marwan bin Musa