Belajar Islam

Ucapkanlah Salam di Awal Pembicaraan Walaupun Menggunakan Gadget

Ucapkanlah Salam di Awal Pembicaraan Walaupun Menggunakan Gadget

HP, Tablet, dan gadget sejenis merupakan nikmat Allah yang harus kita bersyukur dengannya. Agar nikmat gadget tersebut menjadikan kita hambaNya yang bersyukur dan selamat dari perbuatan kufur, maka perlu ditelaah bagaimana bimbingan syariat Islam dalam memanfaatkan gadget tersebut. Sebagian manusia telah terbiasa ketika membuka percakapan dalam telepon (salam pembuka)

Siapakah Yang Memulai Salam?

Siapakah Yang Memulai Salam?

Siapakah yang memulai salam? Si penelpon ataukah yang ditelpon? Yang memulai salam hendaknya si penelepon, karena dia itu seperti orang yang mengetuk pintu rumah orang lain dan meminta izin untuk masuk. Sehingga dia harus memulai pembicaraannya dengan ucapan: ‘Assalamu ‘alaikum‘ atau ‘Assalamu ‘alaikum warahmatullah‘ atau Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh‘.

Memperhatikan Waktu Ketika Menggunakan Gadget

Memperhatikan Waktu Ketika Menggunakan Gadget

Waktu dan kesempatan merupakan nikmat Allah yang harus disyukuri, namun demikian kebanyakan manusia lalai dan bahkan kufur atas nikmat waktu dan kesempatan. Sebagaimana nikmat lainnya, waktu dan kesempatan yang merupakan nikmat yang besar ini kelak akan dimintai pertanggungjawabannya di hadapan Allah ‘azza wa jalla. Sepatutnya bagi seorang muslim ketika