Naiknya Derajat Di Sisi Allah Taala Dengan Berwudhu
10th October 2017

Naiknya Derajat Di Sisi Allah Taala Dengan Berwudhu

Semulia-mulia derajat adalah derajat yang tinggi disisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Adapun seseorang yang meraih derajat tinggi di hadapan manusia belum tentu ia berada pada derajat tinggi disisi Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Ada beberapa amalan yang dapat menaikkan derajat seorang hamba di sisi Allah Ta'ala, diantaranya yaitu dengan berwudhu. Ya wudhu’ yang sempurna akan dapat mengangkat derajat yang tinggi disisi Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
Maukah kalian aku tunjukkan suatu amalan yang dengannya Allah akan menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajatnya! Para shahabat berkata: “Tentu, wahai Rasulullah. Kemudian Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Menyempurnakan wudhu’ walaupun dalam kondisi sulit, memperbanyak jalan ke masjid, dan menunggu shalat setelah shalat, maka itulah yang disebut dengan ar ribath.” (HR. Muslim no. 251)

Dari hadits di atas terdapat beberapa amalan yang dapat mengangkat derajat seorang hamba di sisi Allah Ta'ala dan diantaranya adalah berwudhu secara sempurna walaupun dalam kondisi yang sulit, seperti berwudhu pada cuaca yang dingin.

Bahkan ketiga amalan yang disebutkan pada hadits di atas bisa dilakukan sekaligus oleh umat Islam dalam waktu yang beringingan dimana ketika tibanya shalat fardhu ia berwudhu di rumahnya kemudian berjalan menuju masjid dan setelah shalat wajib yang satu tetap di masjid untuk menunggu waktu shalat berikutnya (contohnya setelah shalat maghrib tetap di masjid hingga masuknya waktu isya)

Allahu A'lam.

Semoga bermanfaat.


diadaptasi dari artikel pada tautan | http://www.darussalaf.or.id/fiqih/hikmah-dan-keutamaan-wudhu/