LKNU Subang Ajak Santri Sukseskan Gerakan Hidup Bersih dan Sehat
04th December 2017

LKNU Subang Ajak Santri Sukseskan Gerakan Hidup Bersih dan Sehat

Subang, NU Online
Untuk yang kedua kalinya, Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Subang menggelar kegiatan Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk santri. Kali ini kegiatan yang terselenggara atas kerja sama antara LKNU, Dinas Kesehatan dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) ini digelar di Pesantren Azzahra, Kecamatan Tanjung Siang, Subang, Jumat (1/12).

"Dalam kesempatan ini kami mengajak kepada para santri dan hadirin semua untuk bisa ikut aktif dalam menyukseskan program Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang sudah dicanangkan oleh pemerintah," ajak Ketua LKNU Subang H Edi Supriadi di depan ratusan hadirin yang terdiri dari para santri dan masyarakat sekitar.

Berbagai macam penyakit dan aneka permasalahan kesehatan yang ada di masyarakat itu muncul karena adanya perilaku hidup yang tidak sehat sehingga mengundang berbagai macam penyakit dan sebelum penyakit itu datang mesti diantisipasi dengan gerakan masyarakat hidup sehat.

"Hal yang paling sederhana sekali dan bisa kita lakukan adalah sering menguras bak mandi, kita harus bisa menjaga air yang ada dalam bak mandi supaya tetap bersih jangan sampai ada bintik nyamuk bersarang di sana."

H Edi juga mengajak para santri agar selalu rajin mencuci tangan terutama sebelum dan setelah makan, hal ini yang jarang diingat oleh para santri padahal ketika tangan kotor berbagai macam kuman akan masuk ke dalam tubuh dan cepat atau lambat kuman tersebut akan menyerang tubuh.

"Jangan lupa olahraga supaya keluar keringat, sebab tandanya orang sehat itu di antaranya adalah dengan keringat" jelasnya.

Dalam kesempatan itu H Edi mengungkapkan bahwa kegiatan sosialisasi ini tidak akan berhenti di sini karena dalam beberapa waktu ke depan akan ada tindak lanjut berupa konsultasi dan pemeriksaan kesehatan gratis untuk para santri dan masyarakat sekitar pesantren. (Aiz Luthfi/Alhafiz K)


Sumber : http://www.nu.or.id/post/read/83842/lknu-subang-ajak-santri-sukseskan-gerakan-hidup-bersih-dan-sehat