Inggris Membuat Daftar Masjid-Masjid Bersejarah
13th March 2018

Inggris Membuat Daftar Masjid-Masjid Bersejarah

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Inggris membuat daftar dan peringkat untuk masjid-masjid bersejarah yang ada di seluruh negeri. Daftar ini memuat cerita arsitektur dan pentingnya peran masjid dalam perkembangan Islam di wilayah.

Masjid-masjid yang masuk daftar diakui sebagai tempat bersejarah Islam. Masjid Pusat London yang terletak di Regent's Park masuk daftar Grade II. Masjid yang dibangun pada 1970an itu menjadi situs penting bagi penyebaran Islam di tanah otorisasi Churchill.

Masjid tersebut didesain oleh seorang arsitek Inggris, Sir Frederick Gibberd melalui sebuah kompetisi internasional. Menurut Historic England, desainnya yang elegan adalah kombinasi tradisi modern Inggris dan Islam yang bersejarah.

Historic England adalah lembaga yang merekomendasikan masjid masuk dalam daftar Departemen Budaya, Media dan Olahraga. Pembangunan masjid memerlukan waktu hingga dua tahun dan menghabiskan biaya hingga enam juta poundsterling.

Masjid mampu menampung ribuan jamaah di aula utama. Sebuah kubah emas dan menara setinggi 44 meter menjadikannya sangat ikonik dan khas di jantung kota London. Selain masjid ini, Fazl mosque di Southfields juga masuk daftar Grade II.

Ia menjadi bangunan pertama yang memang dibuat untuk tujuan ibadah umat Islam pada 1926. Saat ini masjid menjadi pusat komunitas Muslim Ahmadiyah Inggris. Pembangunannya memakan biaya 6.223 poundsterling.

Masjid lain yang masuk daftar Grade II yakni masjid di 8 Brougham Terrace di Liverpool. "Ia memainkan peran signifikan dalam menceritakan pentingnya Islam di Inggris," kata Historic England, dilansir Guardian, Senin (12/3).

Masjid ini awalnya adalah sebuah rumah yang dibangun pada 1889. Namun seiring waktu, Liverpool mengecap beragam kultur dan kepercayaan. Toleransi membuat bangunan ini akhirnya menjadi tempat ibadah Muslim.

Sementara, masjid The Shah Jahan di Woking, Surrey menjadi satu-satunya masjid yang masuk Grade I di Inggris. Sebelum dikembangkan dan direnovasi menjadi indah, ia juga masuk daftar Grade II.

Menteri Warisan Budaya, Michael Ellis mengatakan pengelompokan masjid-masjid ini bertujuan untuk mengakui pentingnya tempat ibadah. "Tidak hanya itu, mendaftar masjid indah juga untuk merayakan kekayaan warisan komunitas Muslim di Inggris," kata dia.

Historic England meluncurkan sebuah panduan untuk arsitektur Islam di Inggris pada bulan ini. Laporan didalamnya memetakan sejarah arsitektur dan sosial tempat ibadah Islam.

Tulisan berjudul Masjid-Masjid Inggris yang dibuat oleh arsitek Shahed Saleem menganalisis berbagai jenis masjid untuk menggambarkan keragaman populasi Muslim. Diperkirakan ada hampir 2.000 masjid dan ruang shalat Islam di Inggris. Populasi Muslim diperkirakan mencapai 4,1 juta orang atau 6,3 persen dari total penduduk.


Sumber : http://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/dunia/18/03/13/p5ieuz335-inggris-membuat-daftar-masjidmasjid-bersejarah