Enam Langkah Memakmurkan Masjid, Apa Saja Itu?
05th December 2017

Enam Langkah Memakmurkan Masjid, Apa Saja Itu?

Gorontalo, NU Online
Wakil Sekretaris Lembaga Ta’mir Masjid Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LTM PBNU) H Muiz Ali Murtadho menjelaskan, ada enam langkah untuk memakmurkan masjid. Pertama, niat. Seseorang yang ingin memakmurkan masjid harus memiliki niat dan cita-cita yang kuat.
“Sabda Rasulullah Innamal a’malu bin niyyat. Segala sesuatu itu tergantung pada niatnya,” Kata H Muiz pada acara Pelatihan Pemuda Pelopor di Masjid Agung Baiturrahman Limboto Gorontalo, Senin (4/12).
Kedua, memiliki pengetahuan tentang masjid. Orang yang tidak memiliki pengetahuan tentang masjid akan susah untuk memakmurkan masjid. Di dalam Al-Qur’an juga disebutkan bahwa segala sesuatu itu harus diserahkan kepada ahlinya.
"Kalau tidak ngerti masjid, bagaimana kita ngurusi masjid," tambahnya.
Ketiga, membuat program pemakmuran masjid. Keempat, selaraskan program tersebut dengan keinginan jamaah. Bagi H Muiz, program pemakmuran masjid yang baik adalah yang bisa menjawab keinginan dan kebutuhan daripada umat sehingga mereka menjadi sejahtera seperti kebutuhan umat akan agama, pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lain sebagainya.
Kelima, laksanakan dengan ikhlas dan evaluasi. Setiap program yang sudah direncanakan dan ditulis harus dilakukan dengan ikhlas, tanpa mengharapkan imbalan dari manusia. Semuanya harus ditujukan kepada Allah. Selain itu, pelaksanaan program-program tersebut juga harus dievaluasi secara berkala untuk mendeteksi program mana yang jalan dan mana yang tidak.
Terakhir, yakin. Jika langkah-langkah tersebut sudah dilakukan dengan baik dan benar, maka langkah terakhir yang harus dilakukan adalah yakin kepada Allah. Jika apa yang diperintahkan Allah dilakukan, maka Allah akan memberikan hasilnya. Memakmurkan masjid adalah perintah Allah, maka dari itu Allah akan menjamin orang yang memakmurkannya.
“Allah tidak pernah khianat, kita yang sering mengkhianati Allah,” tutup dia. (Muchlishon Rochmat)
Sumber : http://www.nu.or.id/post/read/83880/enam-langkah-memakmurkan-masjid-apa-saja-itu