Kerajaan Arab Saudi Gelar Pameran mobil untuk Perempuan
12th January 2018

Kerajaan Arab Saudi Gelar Pameran mobil untuk Perempuan

RIYADH — Pihak kerajaan Arab Saudi menggelar pameran mobil khusus bagi kaum hawa di sebuah mal di Jeddah. Pameran mobil yang baru pertama kali digelar untuk wanita ini berfokus untuk memamerkan mobil hemat bahan bakar.

Salah seorang pengunjung pameran menyatakan ketertarikan terhadap mobil yang dipamerkan.

“Saya selalu tertarik dengan mobil, tapi kami tidak memiliki kemampuan untuk mengemudi. Dan sekarang (usai pencabutan larangan) saya sangat tertarik untuk membeli mobil dan saya berharap harganya tidak terlalu tinggi,” ujar pengunjung pameran bernama Ghada al-Ali sebagaimana dikutip dari The Guardian, Jumat (12/1/2018).

Pameran itu digelar menyusul keputusan pemerintah Saudi yang beberapa waktu lalu mengeluarkan ijin bagi para wanita untuk mengemudikan kendaraan. Sebelumnya, Arab Saudi menjadi satu-satunya negara di dunia yang melarang perempuan mengendarai mobil.

Menyikapi pencabutan kebijakan larangan mengemudi bagi perempuan oleh pemerintah Saudi tersebut, seorang pengunjung wanita lainnya mengungkapkan kegembiraannya.

“Saya tidak bisa menggambarkan perasaan saya,” ujarnya.

Pencabutan larangan mengemudi bagi wanita merupakan tindak lanjut dari eksekusi reformasi ambisius Putra Mahkota Mohammad bin Salman. Selain mengizinkan perempuan mengemudi, pihak kerajaan juga telah mencabut larangan wanita memasuki stadion. Sehingga kini mereka bisa mengakses pertandingan olah raga dan menonton langsung di stadion. []


Sumber : https://www.islampos.com/kerajaan-arab-saudi-gelar-pameran-mobil-untuk-perempuan-66079/