Setelah Dikecam Berbagai Pihak, Akhirnya UIN SUKA Cabut Surat Larangan Cadar
12th March 2018

Setelah Dikecam Berbagai Pihak, Akhirnya UIN SUKA Cabut Surat Larangan Cadar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Setelah mendapat kritik dari berbagai pihak, akhirnya Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga (SUKA) mencabut surat larangan penggunaan cadar bagi mahasiswi di kampus tersebut, yang telah menuai kontroversi ditengah masyarakat waktu belakangan ini.

Lewat surat dengan nomor B-1679/Un.02/R/AK.00.3/02/2018 tertanggal sabtu, 10 Maret 2018, Rektor UIN Sunan Kalijaga,

Prof Yudian Wahyudi, mencabut surat larangan bercadar yang tertuang dalam surat Rektor Nomor B-1301/Un.02/R/AK.00.3/02/2018 tentang pembinaan Mahasiswi bercadar.

Dalam surat yang ditujukan pada kepada Direktur Pascasarja, Dekan fakultas, Kepala Unit/Lembaga UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yudian menyampaikan alasan pencabutan aturan pembinaan mahasiswi bercadar itu demi menjaga iklim akademik yang kondusif.

Keputusan untuk mencabut surat larangan bercadar yang dikecam berbagai kalangan tersebut, diambil setelah dilakukan rapat koordinasi universitas, pada tanggal 10 maret 2018.

Diberitakan sebelumnya, larangan menggunakan cadar bagi mahasiswi di UIN Sunan Kalijaga ini mendapat kecaman dari berbagai kalangan. Mulaidari forum Rektor yang menyayangkan kebijakan yang melanggar hak asasi tersebut, hingga anggota DPD RI ikut prihatin dan siap memberikan advokasi bagi mahasiswi bercadar yang dilanggar hak-haknya akibat larangan tersebut.


(Arif R/Hrn)


Sumber : https://seruji.co.id/khazanah/agenda-umat/setelah-dikecam-berbagai-pihak-akhirnya-uin-suka-cabut-surat-larangan-cadar/