Shalat Fardhu Wajib Dikerjakan Pada Waktunya
23rd November 2017

Shalat Fardhu Wajib Dikerjakan Pada Waktunya

Ketahuilah bahwa shalat fardhu itu wajib dikerjakan pada waktunya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah diajarkan oleh Malaikat Jibril tentang waktu-waktu shalat, mulai dari shalat Shubuh sampai shalat ‘Isya’.

Kemudian, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kepada ummatnya untuk mengerjakan shalat pada waktunya. Karena, Allah Azza wa Jalla telah menyuruh kita untuk mengerjakan shalat pada waktu yang telah ditentukan.

Allah Azza wa Jalla berfirman:

إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا

Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” [An-Nisa’/4:103].

Shalat pada waktunya sangat ditekankan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, ini terkandung dalam pernyataan Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika ditanya oleh ‘Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu anhuma :

أَيُّ الْأَعْمَالِ أَحَبُّ إِلَى اللهِ ؟ قَالَ: اَلصَّلَاةُ عَلَىٰ وَقْتِهَا ، قُلْتُ : ثُمَّ أَيٌّ ؟ قَالَ: ثُمَّ بِرُّ الْوَالِدَيْنِ ، قُلْتُ: ثُمَّ أَيٌّ ؟ قَالَ: ثُمَّ الْجِهَادُ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ.

Amalan apakah yang paling dicintai Allah?”Rasulullah menjawab, “Mengerjakan shalat pada waktunya.”Aku bertanya, “Kemudian apa?”Beliau menjawab, “Kemudian berbakti kepada kedua orang tua.”Aku bertanya, “Kemudian apa?”Beliau menjawab, “Kemudian jihad di jalan Allah.” [HR. Aal-Bukhari dan Muslim].

Dalam hadits lain, dari Ummu Farwah radhiyallahu anha , ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya:

أَيُّ الْأَعْمَـالِ أَفْضَلُ ؟ قَالَ : الصَّلَاةُ فِـيْ أَوَّلِ وَقْتِهَا.

Amalan apakah yang paling baik?’ Rasulullah menjawab, ‘Mengerjakan shalat di awal waktunya.’”[HR. Abu Dawud dan selainnya].

semoga bermanfaat.


diadaptasi dari artikel pada tautan | https://khotbahjumat.com/4653-orang-yang-mengerjakan-shalat-dijamin-masuk-surga.html