Memainkan Gadget Saat Khutbah Jumat
16th December 2016

Memainkan Gadget Saat Khutbah Jumat

Sejatinya khutbah jumat adalah waktu yang sangat penting bagi umat Islam. Saat umat berkumpul di masjid merupakan kesempatan yang utama untuk meningkatkan iman dan taqwa melalui pesan-pesan agama yang disampaikan oleh khatib jumat.

Disayangkan sebagian jamaah tidak berkonsentrasi menyimak materi khutbah, sebagian ada yang tertidur, sebagian ada yang disibukkan dengan gadget-nya, dan sebagian bahkan mengobrol. Sebagian lainnya juga melakukan hal yang sia-sia baik dengan kunci-kunci atau biji tasbih yang ada di tangannya saat mendengar khutbah Jum’at.

Ini jelas bertentangan dengan ketenangan dan perhatian terhadap peringatan dan nasihat yang disampaikan kepadanya dan akhirnya fungsi ibadah shalat Jumat untuk meningkatkan iman dan taqwa belum dapat diraih oleh kebanyakan kaum muslimin.

Pun demikian perbuatan-perbuatan ini juga telah dilarang oleh Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam dan juga menghilangkan pahala ibadah jumat bagi yang melakukannya. Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Muslim di dalam kitab Shahiihnya dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

مَنْ مَسَّ الْحَصَى فَقَدْ لَغَا.

Barangsiapa yang memegang batu kerikil berarti dia telah berbuat sia-sia.” [Muslim no. 857]

Selain perbuatan di atas, perbuatan yang awalnya bernilai ibadah seperti bersiwak, namun dilakukan saat dilangsungkan khutbah jumat juga termasuk dalam perbuatan yang salah karena ia dapat melengahkan diri dari khutbah.

Semoga kita dapat menyimak materi khutbah Jumat dengan perhatian penuh.


@IMS 3/1438H