Seseorang Yang Dunia Tidak Melalaikannya Untuk Beribadah
03rd February 2016

Seseorang Yang Dunia Tidak Melalaikannya Untuk Beribadah

Allah Subhaanahu wa Ta'ala berfirman,

رِجَالٌ لَّا تُلْهِيهِمْ تِجَارَةٌ وَلَا بَيْعٌ عَن ذِكْرِ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاء الزَّكَاةِ يَخَافُونَ يَوْمًا تَتَقَلَّبُ فِيهِ الْقُلُوبُ وَالْأَبْصَارُ-لِيَجْزِيَهُمُ اللَّهُ أَحْسَنَ مَا عَمِلُوا وَيَزِيدَهُم مِّن فَضْلِهِ وَاللَّهُ يَرْزُقُ مَن يَشَاء بِغَيْرِ حِسَابٍ

"Laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingati Allah, dan (dari) mendirikan shalat, dan (dari) membayarkan zakat. Mereka takut kepada suatu hari yang (di hari itu) hati dan penglihatan menjadi goncang.-- (Meraka mengerjakan yang demikian itu) agar Allah memberikan balasan kepada mereka (dengan balasan) yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan, dan agar Allah menambah karunia-Nya kepada mereka. Dan Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa batas." (QS. An Nuur: 37-38)

Oleh karena itu, ketika azan dikumandangkan, maka mereka tinggalkan perniagaannya, bisnisnya, pekerjaannya, pertaniannya, dan segala hal dunianya karena hendak mencari karunia Allah yang lebih besar di akhirat.

Husyaim meriwayatkan dari Sayyar ia berkata: Aku mendapat berita dari Ibnu Mas'ud, bahwa ia melihat orang-orang yang berada di pasar, ketika azan dikumandangkan, maka mereka meninggalkan jual-beli mereka dan segera menuju shalat. Ibnu Mas'ud berkata, "Mereka itu termasuk orang-orang yang disebutkan Allah dalam kitab-Nya, ""Laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingati Allah,…dst."


Marwan Hadidi
Maraji': Maktabah Syamilah versi 3.45, Software Al Bahits (Indeks ayat Al Qur’an), Untaian Mutiara Hadits (Penulis), dll.