Wanita-Wanita Utama dalam Islam
18th January 2016

Wanita-Wanita Utama dalam Islam

Pemimpin Wanita Dunia dan Akhirat (1)

Segala puji bagi Allah, shalawat dan salam semoga terlimpah kepada Rasulullah, kepada keluarganya, para sahabatnya dan orang-orang yang mengikutinya hingga hari Kiamat, amma ba’du:

Berikut ini kisah singkat 4 pemimpin wanita dunia dan akhirat, semoga Allah menjadikan penulisan risalah ini ikhlas karena-Nya dan bermanfaat, Allahumma amin.

Siapakah 4 pemimpin wanita dunia?

Imam Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Hibban, dan Hakim meriwayatkan dari Anas, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

" حَسْبُكَ مِنْ نِسَاءِ الْعَالَمِينَ مَرْيَمُ ابْنَةُ عِمْرَانَ، وَخَدِيجَةُ بِنْتُ خُوَيْلِدٍ، وَفَاطِمَةُ ابْنَةُ مُحَمَّدٍ، وَآسِيَةُ امْرَأَةُ فِرْعَوْنَ "

“Cukup bagimu (mengenali keutamaan) di antara wanita dunia, yaitu Maryam binti Imran, Khadijah binti Khuwailid, Fathimah binti Muhammad, dan Asiyah istri Fir’aun.” (Hadits ini dinyatakan shahih oleh Al Albani dalam Shahihul Jami’ no. 3143)

Imam Ahmad dan Thabrani dalam Al Kabir meriwayatkan dari Anas, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

خَيْرُ نِسَاءِ الْعَالَمِيْنَ أَرْبَعٌ : مَرْيَمُ بِنْتُ عِمْرَانَ وَ خَدِيْجَةُ بِنْتُ خُوَيْلِدٍ وَ فَاطِمَةُ بِنْتُ مُحَمَّدٍ وَ آسِيَةُ امْرَأَةُ فِرْعَوْنَ

“Sebaik-baik wanita dunia ada empat; Maryam binti Imran, Khadijah binti Khuwailid, Fathimah binti Muhammad, dan Asiyah istri Fir’aun.” (Hadits ini dinyatakan shahih oleh Al Albani dalam Shahihul Jami’ no. 3328)

Imam Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, dan Ibnu Majah meriwayatkan dari Abu Musa Al Asy’ariy radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

كَمَلَ مِنَ الرِّجَالِ كَثِيرٌ، وَلَمْ يَكْمُلْ مِنَ النِّسَاءِ: إِلَّا آسِيَةُ امْرَأَةُ فِرْعَوْنَ، وَمَرْيَمُ بِنْتُ عِمْرَانَ، وَإِنَّ فَضْلَ عَائِشَةَ عَلَى النِّسَاءِ كَفَضْلِ الثَّرِيدِ عَلَى سَائِرِ الطَّعَامِ

“Laki-laki yang sempurna banyak, dan dari kalangan wanita tidak ada yang sempurna kecuali Asiyah istri Fir’aun dan Maryam binti Imran, dan sesungguhnya keutamaan Aisyah di antara wanita lainnya adalah seperti keutamaan Tsarid di atas makanan lainnya.”

Siapakah yang paling utama di antara keempat wanita ini?

Sebagian ulama berpendapat, bahwa Maryam dan Fatimah lebih utama daripada Khadijah dan Asiyah. Namun antara Maryam dengan Fathimah ada perbedaan pendapat, sebagian ulama ada yang mengedepankan Fathimah, dan ada pula yang mengedepankan Maryam. Menurut Al Qurthubi, zhahir Al Qur’an dan hadits-hadits menunjukkan bahwa Maryam lebih utama dari semua wanita dunia dari sejak Hawa’ sampai wanita terakhir.

Ibnu Abdil Bar meriwayatkan dari Ibnu Abbas, yang ia marfu’kan, bahwa pemimpin wanita dunia adalah Maryam, kemudian Fatimah, selanjutnya Khadijah, kemudian Asiyah. (Ibnu Abdil Bar berkata, “Hadits ini hasan, dan ia menghilangkan adanya kemusykilan (siapa yang lebih utama).”)

Hakim meriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

سَيِّدَاتُ نِسَاءِ أَهْلِ الْجَنَّةِ أَرْبَعٌ: مَرْيَمُ بِنْتُ عِمْرَانَ، وَفَاطِمَةُ بِنْتُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَخَدِيجَةُ بِنْتُ خُوَيْلِدٍ، وَآسِيَةُ

“Pemimpin wanita penghuni surga ada empat; Maryam binti Imran, Fathimah binti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Khadijah binti Khuwailid, dan Asiyah.” (Hadits ini dinyatakan shahih oleh Al Albani dalam Shahihul Jami’ no. 3678)

Kedua hadits di atas menjelaskan urutan wanita pemimpin dunia dan akhirat yang paling utama. Dan wanita paling utama setelah keempat wanita itu adalah Aisyah binti Abi Bakr Ash Shiddiq radhiyallahu ‘anha.


Marwan bin Musa

Maraji’: Maktabah Syamilah versi 3.45, Media Informasi Lentera Ummat (PPDI PT JICT), Khairu Nisa’il Alamin (Majdi Fathi As Sayyid), Khutbah Jum’at Khairu Nisa’il Alamin (situs Majlis Ulama Iraq),