Begini Cara Muslimah Berdandan
12th May 2016

Begini Cara Muslimah Berdandan

Seorang muslimah dilarang mengenakan pakaian sempit yang menyifati fisiknya terlebih lagi pakaian ketat yang hanya sekedar melapisi kulit tubuh, sehingga dengannya terlihat jelas lekuk dan bentuk tubuh.

Demikian pula, seorang muslimah dilarang mengenakan pakaian yang dapat memperlihatkan aurat nya atau pakaian pendek yang tidak menutupi seluruh badannya. Dalam hal penataan rambut, seorang muslimah dilarang untuk mengumpulkan rambut di kepalanya (sehingga tampak menggembul).

Larangan ini berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam berikut:

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم « صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيلاَتٌ مَائِلاَتٌ رُءُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ لاَ يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَلاَ يَجِدْنَ رِيحَهَا وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَا » .

Dari Abu Hurairah ia berkata:
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
"Ada dua macam penghuni neraka yang belum pernah saya lihat sebelumnya; (yaitu) sekelompok kaum yang memegang cemeti seperti buntut sapi, di mana ia gunakan untuk memukul manusia dan wanita yang memakai pakaian namun telanjang, membuat orang lain menyimpang sebagaimana dirinya menyimpang, kepala mereka seperti punuk unta Bukht yang miring; mereka tidak masuk surga dan tidak mencium wanginya, padahal wanginya dapat tercium dari perjalanan sekian dan sekian."
(Muttafaq 'alaih)


Marwan bin Musa