Ilmui Rokok dan Bukalah Hati Memahami Bahayanya
08th February 2018

Ilmui Rokok dan Bukalah Hati Memahami Bahayanya

Rokok beragam bentuk dan jenisnya. Apapun ragam dan jenisnya yang sudah tentu setiap rokok mengandung bahaya yang tidak terbantahkan. Diantara langkah yang dapat ditempuh dalam program berhenti merokok yaitu Anda KLASIFIKASIKAN ROKOK SESUAI TINGKAT ESENSINYA!

Pada langkah ini, Anda klasifikasikan setiap rokok yang anda hisap selama beberapa hari sesuai tingkat esensinya menurut gaya hidup anda, dengan tingkatan yang bertahap dari satu sampai tiga.

Merokok adalah pengalaman pribadi semata. Kendatipun demikian, masih saja kita merutinkan kebiasaan berbahaya tersebut; menantang semua bukti-bukti yang tidak terbantahkan atas bahaya-bahayanya, dan yang demikian itu kembali kepada sebab-sebab dan factor-faktor yang beragam.

Dari sela-sela mengklasifikasi rokok sesuai tingkat esensinya dalam hidup anda, akan terkuak keburukan merokok di hadapan anda secepatnya, dan akan muncul di hadapan anda solusi paling tepat untuk memuaskan atau meminimalisir kecintaan anda, merokok jauh dari cara-cara lain yang berbahaya.

-----

Sebagaimana tercantum di website hellosehat dot com, dalam sebatang rokok kira-kira mengandung 600 bahan, dan ketika sebatang rokok dibakar akan menghasilkan lebih dari 7.000 bahan kimia. Setidaknya 70 bahan kimia ini diketahui sebagai penyebab kanker dan banyak di antaranya beracun.

Apa saja sih bahan yang ada di dalam rokok?

Dikutip dari Lung.org, banyak bahan kimia yang terkandung dalam rokok sebenarnya dipakai dalam beberapa produk yang kita pakai sehari-hari, seperti berikut:

  • Acetone: ditemukan di cairan pembersih kuteks (cat kuku)
  • Asam asetat: bahan cat rambut
  • Amonia: pembersih rumah yang umum digunakan
  • Arsenik: digunakan pada racun tikus
  • Benzene: ditemukan di semen karet
  • Butane: digunakan dalam cairan korek
  • Kadmium: komponen aktif dalam asam baterai
  • Karbon monoksida: tercipta dari asap knalpot
  • Formaldehida: cairan pengawet
  • Hexamine: ditemukan di cairan korek barbekyu
  • Lead: digunakan dalam baterai
  • Naphthalene: bahan dalam kapur barus
  • Methanol: komponen utama bahan bakar roket
  • Nikotin: digunakan sebagai insektisida
  • Tar: material untuk mengaspal jalan
  • Toluene: digunakan untuk bahan cat

Bahaya rokok berdasarkan kandungan utamanya

Seperti dilansir Compund Interest, ada 8 kandungan utama rokok yang memiliki bahaya yang tidak main-main bagi tubuh Anda.

1. Nikotin

Kandungan satu ini merupakan yang paling berbahaya, karena bisa meningkatkan tekanan darah, glukosa darah, detak jantung, dan bersifat adiktif alias membuat kecanduan.

2. Acetaldehyde

Zat ini diketahui sebagai karsinogen (zat penyebab kanker) pada binatang dan mungkin juga karsinogen pada manusia. Ia bisa bertindak sebagai penyebab iritasi pada kulit dan mata, serta saluran pernafasan.

3. N-Nitrosamines

Kandungan ini bisa menyebabkan alat reproduksi Anda rusak. Selain itu juga merupakan karsinogen manusia dan karsinogen paling banyak berupa NNK & NNN.

4. 1,3-Butadiene

Sayangnya zat ini tidak kalah buruknya dengan yang lain, karena ia mengandung teratogen (zat yang bisa membuat cacat) manusia, bersifat karsinogen pada manusia, bisa mengiritasi mata dan telinga, dan mengiritasi saluran pernapasan bagian atas.

5. Benzene

Benzene juga bersifat karsinogen untuk manusia, dan bisa merusak tulang sumsum, membahayakan organ reproduksi Anda, serta menurunkan jumlah sel darah merah dalam darah Anda.

6. Acrolein

Zat ini diketahui bersifat karsinogen untuk manusia, memiliki DNA mutagen, bisa menyebabkan penyakit jantung, dan iritasi pada kulit serta saluran pernapasan.

7. Aromatic amine

Selain bersifat karsinogen manusia, zat ini berhubungan dengan kanker saluran pencernaan.

8. Polyaromatic

Sama seperti Benzene, kandungan ini bisa memengaruhi alat reproduksi Anda. Lalu ia juga mengandung karsinogen dan DNA mutagen.

Hmmm… Bisa bayangkan apa yang terjadi pada Anda bila Anda tidak bisa berhenti mengisap rokok?

Yuk berhenti merokok.


diadaptasi dari Buku 5 Langkah Jitu Cara Berhenti Merokok [ Charles F Wetherwall ] Penerbit Darul Haq